PRESIDENTI FOUN LORI HANOIN FOUN

PRESIDEN BARU MEMBAWA HARAPAN BARU

Timor leste adalah Negara muda yang berideologi demokrasi, dengan sistem pemerintahan semi presidensial atau sistem parlamentar. Sebagai Negara muda tentunya hal prioritas yang ingin dilakukan adalah pembangunan dari skala kecil hingga besar, dari daerah pelosot hingga ibukota Negara. Pemilihan umum merupakan wujud dari demokrasi dimana teori demokrasi itu sendiri adalah merupakan pemerintahan dari rakyak, oleh rakyat dan untuk rakyat. Pemerintahan Timor Leste sudah bergulir selama tiga periode yaitu pertama pada tahun 2002-2007, 2007-2012, 2012-2017. Tanggal 20 maret 2017 merupakan pemilihan Presiden yang ke 4, RDTL memiliki pemimpin baru yaitu Presiden terpilih Bapak Fransisco Guterres (Lu-Olo) menjabat sebagai Presiden Timor Leste yang sah secara demokrasi dan berdasarkan Konstitusi RDTL melalui pemilihan presiden tanggal 20 maret 2017. Dengan terpilihnya presiden baru sebagai pemimpin Negara Timor Leste dapat membawa harapan baru, masa depan yang lebih cerah bagi pembangunan RDTL.     
Euphoria atas terpilihnya presiden baru RDTL (Bpk. Lu-Olo) masih tampak menyelimuti wajah-wajah povu Timor Leste hingga hari ini, pawai di berbagai daerah menunjukan kebahagiaan dan antusias masyarakat TL. Partai penyusun Calon Presiden (Lu-Olo) yaitu Fretilin dan CNRT yang merupakan juga partai yang memiliki pengaruh besar di Timor Leste sukses membawa kemenangan atas pemilihan presiden RDTL periode 2017-2022 juga membawa banyak cerita. Kesuksesan kedua partai penyalon calon presiden (Lu-Olo) tidak lepas dari usaha keras dan lebih menarik lagi muncul nama seorang Xanana Gusmao atau sebagai pendukung calon presiden dari partai koalisi Fretilin dan CNRT. 
Founding father RDTL yaitu Xanana yang memiliki karismatik dan  influence yang sangat menonjol di TL hingga sekarang ternyata membuktikan bahwa dirinya masih layak berdiri di garis depan untuk bersaing dalam dunia politik. Presiden pertama RDTL ini menunjukan bahwa masyarakat TL masih menaruh kepercayaan kepadanya untuk bekerjasama dengan generasi muda dalam membangun TL.  Hal ini tidak terlepas dari sejarah perjalanan politik xanana mulai dari tahun 1975 hingga saat ini. Ketika diadakan pemilihan presiden yang ke tiga (3) pada tahun 2012, Xanana pernah mengatakan bahwa “saya bersama istri saya akan memilih calon presiden Taun Matan Ruak ‘presiden sekarang’ walaupun semua masyarakat Timor Leste tidak memilihnya”. Statement tersebut diungkapkan Xanana ketika melihat pesimisnya rakyat Timor Leste terhadap calon presiden Matan Ruak pada saat itu. Alhasil Bpk. Taur Matan Ruak meraih kemengan di pemilihan pada waktu itu (2012). Ternyata sejarah kemenangan tersebut berulang kembali dengan hadirnya Xanana sebagai pendukung Lu-Olo Presiden RDTL periode 2017-2022. Namun bukan hanya seorang figure Xanana saja yang memberi influence dan dukungan bagi Lu-Olo tetapi yang jelas dukungan dan kepercayaan masyarakat Timor Leste menjadi point penting dan yang utama atas kemenangan atau terpilihnya Presiden Francisco G. Lu-Olo.     
Hal tersebut juga tidak terlepas dari Sistem politik demokrasi di Timor Leste yang  merupakan sistem politik berlandaskan pada Konstitusi RDTL yaitu pada Artigu 46.o (Direitu ba partisipasaun iha polítika) 1. Sidadaun hotu-hotu iha direitu atu partisipa, hosi nia rasik eh liu hosi reprezentante ne’ebé hili tiha ona tuir demokrasia, ba vida polítika no ba asuntu públiku nian iha rai laran. 2. Sidadaun hotu-hotu iha direitu atu halo no partisipa iha partidu polítiku sira. 3. Konstituisaun no organizasaun ba partidu polítiku sira lei maka regula.
Partisipasi rakyat Timor Leste dalam dunia politik adalah hak setiap warga Negara untuk menyampaikan pendapat, aspirasi dan gagasan terhadap pembangunan bangsa RDTL. Bagi Masyarakat TL demokrasi merupakan hal baru karena setelah merdeka pada tahun 2002 rakyat TL baru merasakan arti demokrasi itu. Sebab sebelum kemerdekaan, rakyak TL tidak mengenal istilah dan aksi konkrit demokrasi karena masih diduduki oleh rejim pemerintahan Soeharto atau pemerintahan Indonesia pada saat itu. Walaupun Negara TL baru merdeka (15) tahun usianya, namun, rakyat TL ternyata sudah memahami  nilai-nilai demokrasi. Partisipasi politik rakyat TL merupakan wujud demokrasi, yang mana antusias untuk berpolitik sangat tampak ketika muncul lebih dari 23 partai di Negara baru yang kecil itu.   
ROD HAGUE mendefenisikan Politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya. 
Sedangkang menurut Plato dan Aristoteles Politik adalah suatu usaha untuk mencapai masyarakat politik (polity) yang terbaik di dalam politik, manusia akan hidup bahagia karena memiliki peluang untuk mengembangkan bakat hidup dengan rasa kemasyarakatan yang akrab dan hidup dalam suasana moralitas.
Berbeda dengan pandangan Max Weber yang memberi arti tentang politik, menurut Weber Politik adalah sarana perjuangan untuk sama-sama melaksanakan politik atau perjuangan untuk mempengaruhi pendistribusian kekuasaan baik di antara Negara-negara maupun diantara hukum dalam suatu Negara.
Maka dapat disimpulkan bahwa politik secara umum merupakan interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam proses pembuatan dan pengambilan kebijakan yang mengikat tentang kebaikan bersama antara masyarakat yang berada dalam suatu wilayah tertentu.
Kerja sama antara pemerintah dengan masyarakat dalam suatu Negara sangat dibutuhkan demi terwujudnya harapan rakyat yaitu kemakmuran dan kesejahteraan. Harapan masyarakat TL semoga dengan terpilihnya Presiden baru bisa membawa wajah baru, harapan baru dan yang terpenting adalah perubahan bagi bangsa RDTL.
       Rakyat RDTL akan bangga dengan seorang ayah (Presiden) yang bisa mendengar tangisan, keluhan, sengsara dan penderitaan anak-anaknya (rakyat). Jadilah pemimpin yang bijak bagi rakyat RDTL, bekerjalah, berusahalah, beri pandangan yang inovatif dan mampu memberi serta memberi solusi atas masalah bangsa TL.    

(Martinho Noronha Dos Santos)

Komentar

Postingan Populer