BERDESA



            Desa merupakan kampung dimana saya dilahirkan dan dibesarkan, tempat yang penuh dengan historis, harmonisasi, sejahtera, dan tempat dimana gotong royong sebagai tali persaudaraan dan silahturahmi sebagai jalan untuk menyelesaikan gesekan warga dan merencanakan kegiatan Desa. Desa memberi banyak makna bagi kita, sebagai kampong-desa yang “sebenarnya”, desa masih dianggap sebagai standar dan pemelihara sistem kehidupan bermasyarakat dan kebudayaan asli seperti tolong menolong, keguyuban, persaudaraan, gotong-royong, kesenian, kepribadian dalam berpakaian, adat-istiadat, kehidupan moral-susila, dan lain-lain. Namun, nilai-nilai desa yang dulunya dibanggakan tersebut kini dalam masa transisi menuju kehidupan modern!!!       
            Desa pada dasarnya memiliki sumber daya alam sangat berpotensi untuk memakmurkan warga desa, seperti batu bara, gas alam, minyak bumi, lahan tanah yang luas, dan lain-lain. Namun apa daya kalau sumber daya alam itu tidak digunakan dengan semestinya. Hal tersebut memicu Urbanisasi-sering terjadi di era modern ini, semua orang berbondong-bondong ke kota untuk untuk mencari nafkah. Itu terjadi karena minimnya lapangan kerja di desa, dan pemerintahan desa kurang perhatian atau kurang kontrol terhadap warga desa. Sebenarnya, apabila Pemerintah Desa memamfaatkan segala potensi sumber daya alam yang ada dan dengan memberdayakan warga desa sesuai pada skill serta program PemDes maka desa bisa menjadi sosok yang membanggakan dan mampu bersaing dengan Pemerintah Daerah serta Pemerintah Pusat.
            Alasannya karena kerukunan, gotong royong, musyawarah dan kerja sama warga desa masih menjadi pilar utama terjalinnya hubungan baik antara warga desa, warga dengan Pemerintah Desa dan warga dengan supra Desa. Oleh sebab itu, apabila hal2 tersebut diatas dimamfaatkan dengan baik maka kesejahteraan desa tidak diragukan lagi, dan warga desa yang dulunya berbondong-bondong ke kota akan kembali ke desa. Namun, untuk mensejahterakan warga desa bukan hanya mengutamakan sumber daya alam yang ada tetapi dalam konteks berdesa memberdayakan memamfaatkan segala sesuatu yang ada disekeliling desa merupakan jalan terbaik untuk berdesa.

Martinho Noronha Dos Santos


Komentar

Postingan Populer